Waspada, Penyakit ini Bisa Muncul Akibat Banyak Duduk

9
22
akibat banyak duduk

Pola hidup modern saat ini memaksa banyak orang untuk menghabiskan waktu lebih banyak duduk di depan komputer. Padahal ada bahaya mengintai akibat banyak duduk.

Akibat Banyak Duduk dan Kurang Olahraga

Jam kerja yang berlangsung mulai dari pagi hingga sore bahkan malam hari membuat orang jarang olahraga dan lebih banyak duduk. Kebiasaan ini ternyata berhubungan dengan tingginya obesitas dan penyakit jantung di masyarakat. Tak hanya itu saja, berkurangnya kepadatan tulang juga menjadi salah satu akibat banyak duduk dan kurang gerak.

Menurut studi yang dilakukan oleh peneliti Camilo Jose Cela University, Madrid, orang yang rajin olahraga memiliki tingkat kepadatan tulang yang lebih tinggi daripada orang yang jarang berolahraga. Dalam hal ini tes dilakukan dengan melakukan olahraga lari dan melompat. Hasilnya, orang yang sering lari dan latihan melompat memiliki kepadatan yang lebih baik dan lebih kuat.

Penyakit yang Disebabkan Akibat Banyak Duduk

Jarangnya olahraga dan terlalu banyak duduk di tempat kerja membuat orang rentan terkena beberapa penyakit. Gangguan ringan yang paling sering terjadi adalah mata lelah, badan terasa pegal dan pikiran kurang fokus. Berikut ini beberapa penyakit atau gangguan yang disebabkan karena seseorang terlalu banyak duduk.

Tubuh terasa kaku dan nyeri

Tubuh terasa kaku dan sakit sering dirasakan oleh orang yang jarang bergerak atau duduk terlalu lama. Ketika tubuh jarang bergerak atau duduk terlalu lama, otot-otot pun kaku bahkan berhenti berfungsi. Akibatnya, tubuh terasa sakit ketika mulai digerakkan. Kondisi ini bisa diringankan dengan cara menggunakan kursi yang mampu menyangga tulang belakang dengan sempurna. Di samping itu, lakukan peregangan otot setiap satu beberapa jam sekali atau sebelum beraktivitas agar otot tidak terlalu kaku.

Pikiran kurang tajam

Akibat duduk terlalu lama salah satunya adalah pikiran kurang tajam. Kondisi ini biasa terjadi menjelang sore hari. Hal ini disebabkan karena aliran darah ke otak tidak terlalu lancar sehingga membuat otak “berkabut” dan fungsinya melambat. Oleh karena itu, tak ada salahnya berjalan-jalan sebentar bila merasa otak sudah lelah atau sulit berkonsentrasi. Anda bisa mencoba untuk berjalan-jalan ke pantry, balkon atau taman di sekitar kantor.

Sakit punggung

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, terlalu banyak duduk bisa menyebabkan sakit punggung. Hal ini sering terjadi bila Anda berada di posisi yang kurang ideal dalam jangka waktu lama seperti membungkukan badan karena melihat komputer. Tekanan yang muncul di bagian tulang belakang bahkan tak hanya menimbulkan nyeri tapi juga bisa menjalar ke leher.

Demi menghindari penyakit akibat banyak duduk di atas, sangat direkomendasikan untuk melakukan olahraga secara teratur. Lakukan gerakan pemanasan sebelum bekerja dan saat istirahat sehingga tulang tak kaku. Dengan melakukan latihan gerakan ringan, tulang belakang dan leher pun tetap terjaga fleksibilitasnya.

9 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan