Wajib Tahu! Kenali Tanda Kehamilan Secara Spesifik

0
4
tanda kehamilan

Tanda kehamilan yang dialami pada setiap wanita  itu berbeda-beda. Tak jarang tanda-tanda ini selalu menjadi bahan pertanyaan, apakah sedang hamil atau tidak. Apalagi bagi sebagian orang yang sudah lama menantikan kehadiran buah hati atau justru malah sebaliknya. Tentu saja sangat mengharapkan adanya tanda ini. Sebenarnya apa sih tanda-tanda kehamilan itu?

Tanda-tanda kehamilan adalah sekumpulan gejala atau tanda yang dialami seorang wanita dewasa sehubungan dengan perubahan yang dialaminya sebelum ada kepastian kehamilan. Baik pada perubahan fisik maupun psikologis. Adanya perubahan ini terkadang membuat hati tidak puguh rasa apakah hamil atau tidak. Tanda ini ada yang dapat terdeksi ada juga yang tidak. Tergantung pada masing-masing orang.

Tanda Kehamilan Yang Spesifik

Tanda kehamilan ini secara spesifik dibagi menjadi 3 yaitu tanda tidak pasti hamil, tanda  kemungkinan hamil dan tanda pasti hamil. Dari ketiga tanda-tanda kehamilan itu, berikut ulasannya.

1. Tanda Kehamilan Tidak Pasti Hamil

Tanda ini merupakan tanda yang dirasakan sendiri oleh seorang wanita atau seorang ibu pada saat mengalami kehamilan. Seperti telat datang bulan, pembesaran payudara, pusing, mual muntah, konstipasi, sering buang air kecil, mudah lelah dan tanda lainnya. Sebenarnya tanda-tanda kehamilan itu belum tentu merupakan salah satu tanda awal kehamilan.

Kenapa demikian? Karena tanda tersebut bisa saja disebabkan oleh hal lain. Misalnya karena ada ketidakstabilan hormon. Selain itu bisa juga disebabkan karena adanya gangguan penyakit tertentu atau bisa juga karena ada gangguan pada organ reproduksinya. Jadi tanda-tanda kehamilan tersebut bukan merupakan tanda pasti kehamilan.

2. Tanda Kehamilan Kemungkinan Hamil

Tanda kehamilan ini merupakan tanda yang ditemukan pada saat melakukan pemeriksaan baik oleh dokter maupun bidan. Seperti pemeriksaan hormon HCG, adanya pembesaran uterus, adanya perubahan warna dan kelembaban pada servik dan juga tanda yang lainnya.

Tanda tersebut meskipun mirip dengan gejala kehamilan tapi belum tentu ada kepastian kehamilan. Semakin banyak tanda yang dirasakan seorang wanita atau seorang ibu maka akan semakin mudah mendeteksi apakah tanda tersebut termasuk dalam tanda kehamilan atau bukan.

3. Tanda Kehamilan Pasti Hamil

Lalu apa sebenarnya yang termasuk  tanda pasti kehamilan? Tanda kehamilan yang bersifat objektif yang sifatnya pasti. Pemeriksaan ini dilakukan oleh dokter atau bidan pada bagian perut. Yang secara langsung dapat merasakan adanya kehamilan seperti adanya bagian organ janin dan lainnya.

Selain itu terasa ada gerakan janin pada perut, meskipun tidak semua wanita atau ibu dapat merasakannya pada awal kehamilan, tergantung dari kepekaan ibu itu sendiri. Selain itu tergantung pada ketebalan dinding perut. Letak plasenta juga akan mempengaruhi gerakan janin dapat terasa atau tidak. Kalau plasenta ada dibagian depan gerakan janin tidak terasa. Jadi gerakan janin ini adalah tanda pasti kehamilan.

Tanda kehamilan selanjutnya adanya denyut jantung janin. Tanda ini hanya dapat terdeksi melalui pemeriksaan dokter. Denyut jantung ini dapat terdeteksi mulai usia kehamilan 12 Minggu dengan pemeriksaan USG yang dapat memperlihan dengan jelas adanya kantong kehamilan. Apalagi saat ini sudah didukung alat USG 4 dimensi. Jadi tanda-tanda tersebut merupakan tanda pasti kehamilan.

Selain nenggunakan USG 4 dimensi untuk melihat  tanda awal kehamilan dapat dilakukan dengan USG trans vagina. Untuk pemeriksaan HSG yang akurat sebaiknya pemeriksaannya di lakukan di laboratorium. Karena kalau menggunakan alat tes kehamilan belum bisa dipastikan apakah pasti hamil atau tidak. Demikian beberapa uraian tentang tanda kehamilan baiktanda yang dapat memastikan kehamilan pasti atau baru kemungkinan bahkan yang pasti tidak hamil. Semoga dapat bermanfaat.

Tinggalkan Balasan