Tips Hidup Sehat Ala Rasulullah, Praktekkin Yuk!

0
3
hidup sehat ala rasulullah

Hidup sehat adalah dambaan setiap insan. Siapa saja ingin agar jiwa dan raganya senantiasa sehat agar bisa mengarungi aktivitas sehari-harinya dengan nyaman dan bahagia. Sebagai Muslim, panutan kita dalam bertutur dan bertingkah adalah Rasulullah. Nabi Muhammad sebagai insan yang sempurna adalah teladan umat Islam dalam segala hal, termasuk dalam menjaga kesehatan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit. Yuk, ketahui apa saja tips hidup sehat ala Rasulullah dan mari kita praktikkan bersama agar hidup kita sehat dan penuh barokah. 

Hindari Begadang

Sebanyak apapun aktivitas dan agenda kepemimpinan yang harus diselesaikan oleh Nabi Muhammad, rupanya ini tidak menjadi alasan beliau harus begadang sepanjang malam. Setiap harinya beliau tidur setidaknya pada pukul 21.30 malam dan terbangun pada jam 03.00 untuk melakukan sholat tahajjud. Banyaknya aktivitas tidak mengharuskan kita untuk terjebak dalam kesibukan terus-menerus hingga larut malam. Apalagi sampai begadang hanya untuk menyelesaikan tugas sehari-hari. Tubuh tidak ubahnya mesin yang perlu waktu istirahat agar tidak mudah sakit. Begadang di malam hari rawan akan serangan angin duduk apalagi saat berada di tempat terbuka. Tidak hanya itu, bekerja hingga larut tidak akan memberikan efek yang positif karena konsentrasi pikiran menurun dan fisikpun lelah. 

Sering Berpuasa

Perbanyak puasa adalah salah satu kunci hidup sehat. Rasulullah menyarankan dan memberikan tauladan untuk puasa senin kamis  yang memberikan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan diri. Bahkan, dengan berpuasa, segala macam penyakit kronis seperti halnya diabetes, jantung dan kanker mampu disembuhkan. Lakukan puasa secara rutin setiap seminggu dua kali dengan tips buka dan sahur yang tepat ala Rasulullah agar selama berpuasa stamina tetap bugar, dan aktivitas berjalan lancar seperti biasa. 

Tidak Mudah Marah

Jurus sehat ala Rasulullah selanjutnya adalah dengan membiasakan diri untuk mengontrol emosi dan tidak mudah marah. Rasulullah selalu menasihati para  Sahabatnya agar jangan mudah marah, jangan gampang meledak-ledak karena sungguh kuatnya manusia tidaklah terletak pada jasadnya saja, namun terdapat pada kebersihan jiwanya. Tidak hanya itu, pribadi yang mudah marah cenderung mengalami masalah kesehatan yang serius. Memang, faktanya sabar tidaklah mudah. Namun, Anda bisa mencobanya dengan melatih diri agar lebih sabar dalam menghadapi situasi dan kondisi apapun sehingga tubuh menjadi lebih sehat. 

Selalu Jaga Kebersihan

Kebersihan adalah sebagian dari iman. Bersih adalah suci dan kotor adalah sarang jin dan setan. Jaga kebersihan diri dengan cara mandi secara teratur, menggosok gigi, membersihkan tubuh dari ujung kaki ke ujung kepala. Jaga kebersihan tempat tinggal, jaga kebersihan rumah dengan menyapu, ngepel dan membuang sampah pada tempatnya. Selain kebersihan fisik, kebersihan hati pun sangat diperlukan untuk menunjang kesehatan. Jaga kebersihan hati dari perasaan iri, dengki, emosi, ambisi, dan penyakit hati yang lain. 

Konsumsi Makanan yang tepat

Rasulullah Muhammad memiliki kebiasaan konsumsi makanan yang membantu menjaga pola hidup agar tetap sehat. Diantaranya adalah, di pagi hari, konsumsi segelas air dingin yang di dalamnya di campur dengan madu untuk menambah tenaga. Menjelang dhuha mengonsumsi 7 butir kurma yang bagus untuk kesehatan. Ya, baik madu maupun kurma keduanya memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan yaitu untuk menjaga kesehataan sistem pencernaan agar tetap baik dan mengurangi potensi keracunan. Dan, ini sudah dibuktikan saat kali pertama Nabiyullah Muhammad diracuni oleh seorang wanita Yahudi. Lalu, di sore harinya, nabiyullah Muhammad mengonsumsi minyak zaitun dimana ini adalah pohon yang diberkahi. Sayuran yang kaya akan antioksidan pun menjadi andalan dalam dunia kesehatan. Hindari tidur setelah makan agar tidak berpotensi menyebabkan penyakit. 

Perbanyak Olahraga

Olahraga adalah salah satu kunci menjaga kesehatan. Rasulullah melakukan beragam olahraga mulai dari renang, memanah, berkuda, lari dan gulat yang menjadi bukti bahwa Rasulullah tidak hanya secara fisik sehat tapi juga kuat. Yuk, jalani hidup sehat dan ekonomis, dan bernilai ibadah dengan mengikuti sunnah nabi di atas. Hidup sehat, aktivitas lancar dan jiwapun bahagia. 

Tinggalkan Balasan