Mengatur Pola Makan Sehat

9
33
pola makan sehat
Pola Makan Sehat - sumber gambar: kompas.com

Pada zaman sekarang cuaca yang sering kali berubah-ubah ditambah dengan aktivitas yang padat dan kondisi lingkungan yang kurang sehat berakibat pada kondisi tubuh kita yang melemah dan mudah terserang penyakit. Perlu adanya antisipasi dan pencegahan salah satunya dengan mengatur pola makan sehat, diantaranya yakni dengan:

Kurangi makanan berbahan dasar tepung

Wait…. ya anda tidak salah baca. Benar adanya kita harus menghindari makanan berbahan dasar tepung. Ya seperti gorengan, makanan favorit kita semua. Hal ini dikarenakan tepung mengandung karbohidrat rafinasi. Apa itu karbohidrat rafinasi? Karbohidrat rafinasi adalah karbohidrat yang telah diproses dimana pada proses terebut membuat lapisan benih, dedak, serat vitamin dan mineral yang terkandung menjadi sedikit atau bahkan menghilang. Jadi ketika kita mengkonsumsi makana berbahan dasar tepung bisa saja yang terjadi kita tidak mendapat gizi apapun dan hanya kalori yang tinggi yang masuk ke dalam tubuh. Efek jangka panjangnya yakni kegemukan, penyakit jantung dan diabetes tipe 2. 

Hindari makan di malam hari

Malam hari adalah waktu yang tepat untuk kita beristirahat. Apabila kita makan di malam hari setidaknya tiga jam sebelum kita tidur. mengapa harus demikian?. Anda pernah mendengar istilah reflux asam?. Reflux asam adalah ketika cairan di saluran cerna ataupun lambung naik ke atas ke bagian dada atau tenggorokan. Efeknya yang paling serius adalah kerusakan pada jaringan tenggorokan dan kerongkongan. Reflux asam terjadi karena seringnya makan di malam hari. Selain Reflux asam, apabila kita sering makan di malam hari juga mengakibatkan sebuah penyakit yang bernama silent reflux. Penyebab penyakit ini sama dengan penyakit Reflux Asam akan tetapi gejala yang dialaminya berbeda yakni sakit tenggorokan, batuk kronis dan sulit menelan.

Kurangi minuman bersoda dan Junk Food

Minuman bersoda yang bersifat asam ini akan berefek tidak bagus pada kesehatan tulang dan gigi. Ada baiknya kita memilih minum air putih dibanding minuman lainnya. Kita juga bisa mencoba meminum infused water. Cara membuatnya mudah hanya dengan menambahkan jeruk atau jeruk nipis ke dalam air putih. Minuman ini tak kalah segar dibandingkan dengan minuman bersoda bukan? Selain itu infused water memiliki pengaruh yang baik terhadap tubuh. Selain minuman bersoda kita juga harus menghindari junk food. Iya, Junk food memang rasanya enak akan tetapi apabila terlalu sering kita makan. Hal tersebut akan berefek buruk pada kesehatan. Nah apabila kita sedang mengatur pola makan kita menjadi pola makan sehat sebaiknya kita menghindari junk food. Kenapa sih harus kita hindari?. Pada junk food kandungan gizinya lebih sedikit sedangkan kandungan lemaknya tinggi. Tentu saja hal tersebut tak baik untuk tubuh bukan?.

Perbanyak makan sayur dan buah

Sayuran dan buah-buahan mengandung banyak gizi yang diperlukan tubuh. Pilih dan makanlah sayur dan buah-buahan yang kita sukai. Apabila bosan kita bisa mengganti dan mengkreasikan menu makanan kita karena sayur dan buah-buahan di dunia ini banyak jenisnya dan cara mengolahnyapun beragam. Jadi kita tak perlu khawatir bosan dengan menu yang itu-itu saja. 

Hindari minuman mengandung gula berlebih

Mungkin bagi kalian pecinta teh atau kopi manis baik yang hangat maupun yang dingin ataupun minuman manis lainnya akan kecewa membaca hal ini. Tapi ingat sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Apabila kita meminum minuman yang mengandung gula berlebih hal ini akan meningkatkan risiko penyakit diabetes, obesitas, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, asam urat dan penyakit lainnya. Banyak sekali risiko penyakit yang mengintai bukan?. Jika kita ingin terhindar dari penyakit-penyakit tersebut sebaiknya kita atur pola makan.

Segala sesuatu hal yang baik memang sulit untuk dikerjakan. Begitu pula dalam mengatur pola makan kita agar menjadi pola makan sehat. Ingat, kegiatan yang bertujuan baik memang sulit untuk dikerjakan akan tetapi bukan tidak mungkin untuk dilakukan. Selain itu, dengan mengatur pola makan menjadi salah satu cara untuk mensyukuri segala hal yang telah diberikan Tuhan.   

9 KOMENTAR

  1. Waahh dari 5 diatas…Nomor 2 sering banget tuh saya lakukan. Dan membaca tips disini mungkin bisa tambah wawasan buat saya untuk mengurangi makan malam berlebih.😄😄

  2. Jujur, yang sulit itu makan malam. Dokter sudah menyarankan makan malam boleh nasgor maksimal magrib. Setelah itu setop & perbanyak air putih. Faktanya, Tek Tek dan dog dog datangnya jam 19.30 hehe… Tapi memang pola makan/minum yang pertama, kedua olahraga, ketiga istirahat, keempat berpikir positif… Nice tips

  3. Saya lumayan sulit itu ngemil di malam hari.
    Kan saya sulit tidur lbh awal, jadi misalpun puasa tidur jam 12 tetep bisa bangun jam 4.
    Nah, pas itu suka ngemil banget apalagi ada Grab dan GoJek bikin ngemil lebih mudah 😀
    Bukan nyalahin mereka sih, emang gitu nurutin emosi;

Tinggalkan Balasan