Manfaat Seledri untuk Penyembuhan Penyakit Darah Tinggi Secara Alami

2
12
manfaat seledri

Darah tinggi atau hipertensi adalah penyakit yang terjadi sebagai akibat tingginya tekanan darah. Yang antara lain adalah sebagai akibat terjadinya penyempitan pembuluh darah atau arteri, akibat terdapatnya plak yang menyumbat. Daun seledri atau peterseli adalah sayuran hijau yang biasanya hanya digunakan sebagai bahan pelengkap makanan. Namun ternyata memiliki manfaat untuk penyembuhan penyakit darah tinggi secara alami. Simak pembahasannya berikut ini.

Kandungan dan Manfaat Seledri

Seledri mengandung kumarin, phthalides dan juga apigenin yang sangat ampuh untuk mengendalikan tekanan darah tinggi, selain juga ampuh melindungi pembuluh darah dari penyempitan karena adanya senyawa flavin dan stillenoids, juga fenolik, dan fitosterol, serta favonoid serta fitonutrien di dalamnya.

Kumarin adalah zat anti radikal bebas yang mampu mengatasi kerusakan sel dengan kemampuannya untuk memicu pembentukan sel darah putih yang akan melawan bakteri jahat yang masuk dan menyerang tubuh juga mengatasi masalah zat karsinogenik yang merusak tubuh. Pembentukan sel darah putih tentu saja akan meningkatkan daya tahan tubuh, dan hal ini membantu penyembuhan penderita darah tinggi. Seledri mengandung juga phthalides, oleh karenanya daun seledri memiliki rasa dan aroma dan rasa khusus yang khas.

Phthalides tersebut telah terbukti dapat melemaskan otot-otot halus yang terdapat di sekitar pembuluh darah. Sehingga dengan demikian maka darah dapat mengalir dengan lebih lancar. Salah satu penyebab darah tinggi adalah akibat adanya penyumbatan dan penyempitan pembuluh darah yang antara lain disebabkan oleh stres. Nah phthalides ini memproduksi hormon anti stres yang bersifat relaksasi sehingga dapat membantu upaya penyembuhan darah tinggi.

Kandungan lain dari seledri yang mampu jadi penyembuh darah tinggi adalah zat apigenin atau bioflavonoid. Juga banyak ditemukan di dalam sayuran hijau lainnya. Apigenin tersebut sifatnya anti iritasi, dan anti inflamasi, serta anti kanker, juga anti kuman dan juga anti septik. Dan yang lebih penting lagi adalah kemampuan apigenin untuk melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah dapat mengalir menjadi lebih lancar, dengan demikian maka tekanan darah menjadi normal lagi. Selain itu apigenin juga dapat untuk melawan radikal bebas dan hormon stres yang timbul.

Cara Konsumsi Seledri Untuk Penyembuhan Penyakit Darah Tinggi

Cara memanfaatkan seledri untuk penyembuhan penyakit darah tinggi tersebut adalah dengan cara antara lain dengan dijus mentah baik daun maupun batangnya, tanpa diberi tambahan apapun selain air putih guna memudahkan proses meminumnya, jika bosan, daun seledri dapat dikombinasikan dengan mentimun, atau belimbing, atau dapat juga dicampur dengan bawang mentah, maka akan lebih efektif dapat menjadi penyembuh penyakit darah tinggi, atau dapat juga dicampur dalam makanan lainnya, namun hal tersebut menjadi berkurang efektifitasnya.

Demikian pembahasan kita kali ini tentang manfaat seledri untuk penyembuhan penyakit darah tinggi secara alami.

2 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan