Makanan-Makanan yang Menjadi Penyebab Asam Lambung Naik

0
6
penyebab asam lambung

Penyakit asam lambung memang banyak diderita oleh banyak orang saat ini. Penyakit ini dipicu karena konsumsi makanan yang salah. Asam lambung bisa menyerang siapa saja, kapan saja dan dimana saja.

Nah, bagi Anda yang tidak ingin terserang penyakit yang satu ini, sebaiknya Anda mengatur makanan yang dikonsumsi sehari-hari dengan baik. Anda juga sebaiknya menghindari makanan-makanan penyebab asam lambung dalam konsumsi sehari-hari. Apa saja makanan tersebut? Berikut ini ulasannya. 

Berbagai Makanan Penyebab Asam Lambung

Cokelat

Makanan ini memang disukai oleh banyak orang. Hal itu karena selain rasanya yang enak, makanan ini juga dapat membuat mood yang buruk menjadi lebih baik.

Namun mengonsumsi cokelat secara berlebih ternyata dapat membuat asam lambung naik. Itu karena di dalam makanan ini terkandung methylxanthine yang dapat menyebabkan melemahnya otot bagian bawah pada kerongkongan. 

Kafein

Menghilangkan kantuk di pagi hari memang bisa dengan mengonsumsi kopi. Hal itu karena kopi mengandung kafein di dalamnya. Namun tahukah Anda jika kafein dapat menyebabkan gejala asam lambung muncul. Pada sebuah studi membuktikan jika gejala asam lambung dapat muncul setelah meminum kopi. 

Daun Mint

Makanan penyebab asam lambung selanjutnya adalah daun mint. Meskipun daun ini dapat memberikan sensasi dingin pada mulut ketika mengonsumsinya, namun ternyata daun ini bisa menyebabkan asam lambung naik.

Segala makanan yang mengandung daun mint sebaiknya dihindari penderita asam lambung karena dapat mengundang gejala asam lambung. 

Makanan Pedas

Naiknya asam lambung dapat disebabkan karena mengonsumsi makanan pedas. Tidak hanya itu, makanan yang pedas ternyata dapat melukai kerongkongan atau esophagus. Makanan pedas seperti cabai di dalamnya mengandung capcaisin yang dapat memperlambat sistem pencernaan.

Dengan begitu, asam lambung akan bertahan lebih lama sehingga resiko munculnya nyeri ulu hati menjadi lebih tinggi. 

Makanan Berlemak Tinggi

Lower Esophageal Sphinchter atau melemahnya otot bagian bawah kerongkongan dapat disebabkan karena makanan berlemak tinggi. Makanan berlemak seperti makanan-makanan yang digoreng. Makanan ini dapat juga menyebabkan proses pengosongan pada lambung menjadi lebih lama.

Maka dari itu, mengurangi mengonsumsi makanan berlemak tinggi dapat mencegah asam lambung naik. Berbagai makanan lemak tinggi yang harus Anda hindari misalnya seperti kentang goreng, susu lemak tinggi, daging berlemak dan lain sebagainya.  

Nah demikian pembahasan mengenai bermacam-macam makanan penyebab asam lambung. Untuk menghindari terkena asam lambung, sebaiknya Anda memulai untuk merubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

Hindari terlalu banyak makan makanan siap saji yang biasanya berlemak tinggi. Lalu perbanyak makan makanan yang bergizi dan sehat. Dengan begitu, Anda tidak hanya akan terhindar dari sakit asam lambung, namun juga berbagai penyakit lainnya. Semoga bermanfaat! 

Tinggalkan Balasan