Khasiat Sayur Kangkung yang Alami, Sehat, dan Lezat

0
15
khasiat sayur kangkung

Sayur Kangkung memang sudah dikenal sebagai sayur yang enak karena rasanya yang gurih, dan segar. Ternyata dibalik rasanya yang enak, sayur kangkung mempunyai khasiat yang ampuh untuk menyehatkan tubuh, dan tidak kalah dari tanaman tanaman herbal yang langka, dan mahal. Berikut ini adalah daftar khasiat sayur kangkung.

Sayur Kangkung dapat Mencegah Kolesterol

Berdasarkan sebuah hasil penelitian, Sayur Kangkung berguna dalam menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh manusia. Selain kolesterol, sayur kangkung juga berguna untuk menurunkan kadar lemak Trigliserida, yang merupakan salah satu jenis lemak yang jahat. Sayur kangkung juga dipercaya merupakan salah satu menu yang layak ditambahkan ke dalam menu diet yang sehat.

Sayur Kangkung dapat menyembuhkan anemia

Sel sel darah merah yang terdapat dalam tubuh manusia membutuhkan mineral berupa zat besi untuk membentuk hemoglobin. Hemoglobin yang rendah, membuat manusia mengalami kondisi yang disebut dengan anemia. Sayur Kangkung kaya akan zat besi, dan sangat cocok dikonsumsi bagi para penderita anemia. Ibu ibu hamil juga sangat disarankan untuk mengkonsumsi sayur kangkung yang cukup demi menjaga asupan Zat Besi yang optimal selama masa masa kehamilan.

Sayur Kangkung mencegah sakit hati

Sayur Kangkung ternyata juga ampuh untuk mencegah sakit hati. Sakit hati yang dimaksud disini bukanlah sakit hati karena putus cinta, namun sakit hati yang sesungguhnya yang dapat merusak organ hati. Selain mencegah kerusakan hati, sayur kangkung juga dapat mencegah penyakit kuning. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan kangkung, yang memang ampuh untuk mengatasi kedua jenis penyakit tadi.

Sayur Kangkung menyehatkan usus

Saluran pencernaan yang tidak sehat seperti sembelit dapat menyebabkan penyakit yang serius jika tidak segera ditangani. Salah satu penyakit serius yang akan ditimbulkan oleh sembelit dalam jangka panjang adalah kanker usus. Hal ini dikarenakan sisa sisa makanan yang sudah membusuk di dalam perut tidak mau segera keluar, dan menyebabkan infeksi yang parah di bagian usus. Oleh karena itu konsumsi kangkung harian yang cukup dapat menyebabkan sembelit tumpas, dan terhindar dari resiko kanker usus.

Sayur Kangkung mencegah penyakit kanker

Selain mencegah penyakit kanker usus, Sayur Kangkung juga dapat mencegah penyakit kanker lainnya seperti kanker payudara, dan kanker kulit. Salah satu hasil penelitian telah berhasil menemukan bahwa kangkung mempunyai tiga belas jenis senyawa yang bersifat antioksidan.

Sayangnya Sayur Kangkung yang tidak diolah secara sehat dan tepat justru akan menimbulkan penyakit yang berbahaya. Umumnya sayur ini akan diolah dengan cara ditumis, namun sayangnya proses pemasakan yang terlalu lama diperkirakan dapat menyebabkan kandungan alamiahnya menyusut. Selain itu proses penumisan yang terlalu banyak garam, gula, dan bahkan penyedap rasa juga berbahaya bagi tubuh. Oleh karena itu proses pengolahan kangkung yang tepat adalah dicuci dengan bersih, lalu di kukus atau dimakan mentah sebagai lalapan.

Tinggalkan Balasan