Home Penyakit Kenali Gejala Usus Buntu Sebelum Terjadi Komplikasi

Kenali Gejala Usus Buntu Sebelum Terjadi Komplikasi

0
2
usus buntu

Usus buntu atau dalam bahasa kedokteran disebut dengan apendiks. Usus buntu merupakan usus yang terhubung dengan usus besar. Ukurannya sekitar 5-10cm yang menyerupai kantong kecil dan tipis. Sedangkan penyakit usus buntu adalah peradangan yang terjadi pada usus buntu.

Ketika kantong usus buntu mengalami peradangan, penderita akan merasakan nyeri dibagian bawah kanan perut. Usus buntu dapat menjadi serius jika dibiarkan. Karena usus buntu yang mengalami peradangan akan pecah dan menyebabkan nyeri yang dapat membahayakan nyawa penderitanya.

Usus buntu tak hanya terjadi pada orang dewasa saja. Melainkan anak-anak pun dapat mengalaminya. Namun, usus buntu biasanya terjadi pada rentang usia 10 sampai 30 tahun saja.

Penyakit usus buntu biasanya terjadi karena adanya penyumbatan pada usus buntu. Baik itu penyumbatan sebagian atau penyumbatan menyeluruh pada bagian usus buntu. Apabila terjadi penyumbatan menyeluruh pada usus buntu, maka penderita harus segera di operasi.

Gejala Usus Buntu

Penyebab usus buntu sendiri adalah ketika usus buntu tersumbat oleh tinja, tumor atau benda asing lainnya. Infeksi pun dapat merupakan penyebab usus buntu. Karena secara alaminya usus buntu akan merespon dari dalam ketika terjadi infeksi.

Gejala usus buntu tidak lain yaitu rasa nyeri pada bagian perut. Rasa nyeri ini biasanya berawal dari bagian pusar hingga bergeser ke bagian bawah perut sebelah kanan. Tapi tidak semua penderita mengalami sakit pada bagian yang sama. Itu terjadi karena posisi usus buntu berbeda pada tiap usia. Begitu pula dengan wanita hamil,  karena posisi usus buntu menjadi lebih tinggi dari biasanya.

Berikut adalah beberapa gejala yang menyertai rasa sakit pada penderita usus buntu:

  1. Nafsu makan berkurang bahkan hilang nafsu makan
  2. Sulit buang gas atau kentut
  3. Perut menjadi kembung
  4. Merasakan mual segera setelah nyeri perut terasa
  5. Mengalami diare atau konstipasi
  6. Mangalami demam ringan
  7. Nyeri tumpul atau tajam di area perut hingga ke punggung
  8. Merasakan nyeri ketika buang air kecil
  9. Mengalami Muntah sebelum terjadi nyeri pada perut

Jika kondisi tersebut Anda rasakan, maka kondisi tersebut dapat memberikan tanda bahwa kondisi usus buntu Anda sudah parah. Dan dapat membahayakan nyawa Anda. Segera hubungi tim medis untuk melakukan oemeriksaan lebih lanjut.

Setelah Dokter menanyakan gejala apa saja yang dialami penderita. Dan melakukan pemeriksaan fisik dengan cara menekan dan melepas dengan cepat area nyeri yang dirasakan oleh pasien. Maka untuk memastikannya, Dokter melalukan tes secara menyeluruh. Tes tersebut meliputi tes darah dan urine, CT scan USG dan tes kehamilan, pemeriksaan panggul dan rontgen dada.

Komplikasi Penyakit Usus Buntu

Jika penyakit usus buntu dibiarkan saja atau tidak diobati, maka penderita akan mengalami komplikasi yang membahayakan. Komplikasi tersebut adalah sebagai berikut:

1. Terbentuknya kantong nanah atau Abses

Komplikasi ini muncul ketika tubuh berusaha secara alami untuk mengatasi infeksi pada usus buntu. Untuk menangani kasus ini biasanya dilakukan dengan memberikan antibiotik.

2. Peritonitis

Peritonitis yaitu infeksi yang terjadi pada lapisan perut bagian dalam. Peritonitis terjadi ketika usus buntu telah pecah dan menyebabkan inferksi pada seluruh bagian perut. Penanganan kasus ini biasanya dilakukan dengan memberikan antibiotik dan pembedahan terbuka sesegera mungkin. Pembedahan ini dilakukan untuk mengangkat usus buntu dan membersihkan bagian perut.

Pada dasarnya, semua keluhan kesehatan memang harus segera diatasi. Tak terkecuali usus buntu yang apabila dibiarkan akan membahayakan nyawa penderitanya. Semoga artikel ini memberikan penjelasan lebih untuk Anda agar dapat memahami gejala dan bahaya usus buntu.

NO COMMENTS

Tinggalkan Balasan