Inilah Gejala Demam Berdarah Yang Sering Diabaikan

0
11
demam berdarah

Penyakit demam berdarah atau DBD sebenarnya dapat diketahui sejak awal. Namun, banyak orang orang yang sering mengabaikan dan menganggap sebagai penyakit lain. Padahal demam berdarah merupakan penyakit yang harus mendapatkan penangan segera dan tepat. Penyakit ini menular yang disebabkan virus dengue yang dibawa nyamuk Aedes Aigepty.

Banyak yang mengalami kefatalan akibat demam berdarah terlambat dideteksi. Karena gejala awal dari demam berdarah ini sering disalah-artikan oleh masyarakat. penyakit ini, umumnya terdeteksi 40 hari pasca gigitan nyamu aedes aegepty dan aedes albopictus. Oleh sebab itu mari kenali gejawa awalnya supaya penyakit ini dapat segera ditangani dengan tepat.

Mengenali Gejala Awal Demam Berdarah

Demam berdarah adalah penyakit yang harus segera ditangani, jika tidak dapat berakibat fatal. Oleh karena itu, penting sekali untuk mengetahi gejala yang awal yang ditimbulkan penyakit ini. Gejala tersebut diantaranya:

Tiba-tiba Demam Tinggi

Demam tinggi bisa jadi karena beberapa penyakit. Sehingga banyak orang yang sulit membedakan antara demam biasa atau demam gejala dari penyakit demam berdarah. Namun, kasus dalam demam berdarah, demam terjadi secara tiba-tiba dan mencapai 40 derajat Celcius.

Sementara itu, demam karena flu biasanya disertai dengan batuk dam bersin sedangkan demam yang terjadi karena DBD tidak demikian. Demam pada DBD biasanya berlangsung selama 2 sampai 7 hari.

Otot Terasa Nyeri

Pengidap demam berdarah biasanya mengalami nyeri otot dan sendi setelah terjadi demam tinggi. Tubuh berkeringat dan menggigil juga menyertainya. Nah, apabila kamu merasakan hal ini dalam waktu bersamaan bisa saa itu gejala awal demam berdarah.

Kepala dan Mata Bagian Belakang Terasa Sangat Sakit

Gejala awal demam berdarah yang ketiga adalah sakit pada kepala dan mata bagian belakang. Hal ini biasanya akan dirasakan setelah beberapa jam mengalami demam tinggi. Rasa sakit ini mulai menghambat penderita dalam melakukan aktivitas. Mulai dari berjalan, berpikir da bekerja.

Mengalami Mual dan Muntah

Kasus pada beberapa orang juga mengalami mual dan muntah saat terjangkit demam berdarah. Selain itu, terasa tidak nyaman pada bagian perut dan punggung. Gejala ini biasanya akan berlangsung selama 2 sampai 4 hari.

Tubuh Menjadi Lemah dan Lelah

Demam tinggi, nyeri otot dan masalah pencernaan yang terjadi pada penderita demam berdarah berdampak pada penurunan nafsu makan. Hal ini menyebabkan tubuh merasa lelah da lemah karena asupan makanan yang masuk kurang. Selain itu, sistem imun pada tubuh juga ikut melemah.

Muncul Ruam Kemerahan Pada Kulit

Gejala demam berdarah selanjutnya adalah muncul ruam atau bintik merah pada kulit di sekujur tubuh. Gejala ini umum dialami oleh anak ataupun orang dewasa. bintik-bintik merah karena demam berdarah berbeda dengan penyakit lainnya.

Bintik ini biasanya muncul dihari ketiga setelah demam tinggi. Umumnya berlangsung selama 2-3 hari. Namun, tidak menutup kemungkinan bisa lebih lama lagi. Bintik atau ruam merah ini terlihat di sekujur tubuh, termasuk pipi.

Perbedaan bintik merah karena demam berdarah dengan penyakit kulit seperti campak adalah bintik merah karena demam berdarah tidak muncul dipermukaan atau datar. Sedangkan penyakit kulit campak cenderung muncul ke permukaan kulit atau seperti benjolan dan berair.

Demikianlah 6 cara mengenali gejala awal pada penyakit demam berdarah. Apabila gejala-gejala di atas kamu alami bisa jadi kamu mengalami penyakit tersebut. jika demikian, segera periksakan diri ke dokter supaya mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.

Tinggalkan Balasan