Faktor yang Paling Berperan Memicu Kekambuhan Pada Penderita Lupus

0
12
penderita lupus

Lupus atau SLE (Systemic Lupus Erythematosus), sebagian orang pastinya sudah tidak asing dengan kata tersebut. Bukanlah sebuah judul film jadul, namun sebuah penyakit kronik yang sifatnya menempel seumur hidup pada penderita lupus karena antibodinya yang bermasalah. Uniknya, bagi pasien penderita penyakit ini disebut sebagai Odapus (Orang dengan Lupus). Dan semua Odapus harus rajin memonitor keadaannya masing-masing.

Pada suatu kondisi, gejala penderita lupus  bisa saja menghilang tanpa gejala apapun. Penderitanya akan merasakan segar dan sehat serta beraktivitas normal. Namun, untuk suatu kondisi, tubuh Odapus bisa saja langsung down bahkan mengancam nyawa. Apalagi jika menghiraukan beberapa faktor berikut yang paling ampuh membuat Lupus kembali bangkit. Faktor apa sajakah itu?

Kelelahan penderita lupus

Faktor yang seringkali dikeluhkan dan menjadi momok yang cukup berbahaya juga adalah kelelahan yang disebut juga sebagai fatigue. Untuk Odapus, harus adanya jadwal yang benar-benar disiplin soal istirahat. Ketika Anda atau Odapus menjalani kegiatan yang di luar batas, lupus pun akan bangun dan memicu flare. Dari kelelahan inilah nantinya muncul berbagai masalah, dari mulai infeksi, hingga kerusakan organ. Untuk itu, bagi para penderita lupus, sebaiknya tidak terlalu memforsir kegiatannya. Cukupkanlah istirahat dan tidak memaksakan diri.

Loss Obat penderita lupus

Keistimewaan seseorang dengan penyakit yang menyerangnya adalah mereka mempunyai teman setia. Sayangnya, teman setianya adalah beragam jenis obat yang tidak spesifik untuk lupus itu sendiri. Obat yang dikonsumsi adalah perpaduan obat beragam, dari mulai anti-inflamasi, anti-kanker, anti malaria, obat sendi hingga penurun panas yang semuanya tergantung bagian tubuh mana yang bermasalah.

Para Odapus harus senantiasa menghabiskan setiap harinya dengan konsumsi obat sesuai anjuran dokter. Sekali saja loss obat, itu akan sangat berakibat fatal. Sebab dengan loss-nya obat tersebut akan memicu kekambuhan pada lupus, meskipun tak jarang, efek samping obat-obat tersebut pun, bermanifestasi kembali menjadi penyakit lainnya.

Stress

Tidak hanya pada orang yang menderita lupus, stress memang merupakan faktor yang paling sering membuat kesehatan terganggu. Penyakit umum seperti maag atau masalah pencernaan pun bisa dipicu karena stress. Apalagi bagi Odapus, stress akan sangat mengancam jiwa. Sedikit saja Anda stress, siap-siap beragam gejala dan keluhan menyerang tubuh Anda. jika Anda mengalami masalah, segeralah cari solusi dan jangan terlalu berlarut dalam meratapi kesedihan dan masalah. Tanamkan bahwa apapun masalahnya selalu ada jalan keluar! Beberapa faktor tersebut memang terlihat sangat sederhana, namun bagi para Odapus, itu adalah sangat penting dan harus selalu dimonitoring. Sedikit saja diabaikan, siap-siap menanggung risiko yang tidak sedikit. Hal lain seperti gaya hidup pun perlu juga diperhatikan, dan harus selalu konsultasi bersama dokter. Jika tidak mengabaikan hal tersebut, kemungkinan flare akan lebih sedikit. Untuk itu, mulailah bersahabat dengan Lupus dan jangan biarkan kambuh kembali menyerang penderita lupus.

Tinggalkan Balasan