Contoh Pola Hidup Sehat Berikut Patut Dicoba Demi Kesehatan Anda

0
15
contoh pola hidup sehat

Hidup sehat adalah hidup yang didambakan banyak orang. Untuk mendapatkan hidup yang sehat tentu perlu usaha yang harus dilakukan secara kontinyu. Badan yang sehat memberikan banyak sekali manfaat, diantaranya adalah aktivitas menjadi lebih mudah dilakukan, lebih nyaman, dan tidak merasakan rasa sakit yang terus-menerus.  Sehat tidak harus mahal. Berikut contoh pola hidup sehat yang patut Anda coba untuk memberikan manfaat yang luar biasa bagi kehidupan Anda. Apa saja? cek yuk selengkapnya!

Selektif Memilih Makanan yang Dikonsumsi

Pola hidup sehat yang pertama adalah dengan aktif konsumsi makanan yang bergizi. Makanan yang bergizi berarti memenuhi kebutuhan empat sehat lima sempurna. Selain itu, buah dan sayur adalah jenis makanan yang semestinya ada setiap hari dan dikonsumsi secukupnya. Anda bisa mengkonsumsinya secara bergantian untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dan agar pencernaan tetap lancar. 

Olahraga secara rutin

Selain nutrisi yang mencukupi, hal penting lain yang perlu Anda perhatikan adalah olahraga secara teratur. Olahraga membantu fisik tubuh agar bekerja dengan baik dan membakar lemak penyebab penyakit. Olahraga yang rutin dilakukan memberikan efek yang sangat terasa bagi kesehatan. Sekali lagi, olahraga yang dilakukan bukanlah olahraga yang mahal, yang membutuhkan banyak biaya untuk melakukannya. Anda bisa melakukan olahraga ringan setiap pagi dengan bersepeda, berjalan kaki, berlari, atau di sela liburan Anda bisa mengisi waktu luang untuk berenang  yang sekaligus membantu meningkatkan kedekatan hubungan dengan keluarga. 

Perbanyak konsumsi air putih

Ya, untuk sehat Anda tidak membutuhkan biaya yang besar. Salah satu kunci agar hidup tetap sehat adalah dengan memperbanyak konsumsi air putih secara rutin setiap hari. Setidaknya, konsumsi air putih yang disarankan adalah mencapai 8 gelas atau 2,5 liter. Fungsi air putih bagi kesehatan tubuh sangat beragam yang diantaranya adalah untuk mencegah tubuh dari yang disebut dengan dehidrasi, dan sekaligus menjaga metabolisme tubuh agar tetap berjalan dengan lancar. 

Cukup Istirahat

Meskipun saat ini Anda sedang banyak sekali tugas dan kesibukan yang harus diselesaikan, namun Anda harus tetap menyadari bahwa sekuat apapun kita untuk melakukan begitu banyak aktivitas sekaligus namun kita tetaplah menggunakan tubuh sebagai medianya. Dan, tubuh membutuhkan waktu istirahat yang cukup agar mampu beraktivitas dengan baik sebagaimana mestinya. Cukupi waktu tidur setidaknya 8 jam dalam sehari. Jika berkesempatan, Anda bisa meluangkan waktu untuk tidur siang sebentar agar pikiran kembali fresh. Istirahat pada dasarnya tidak hanya dalam bentuk tidur. Namun, refreshing dengan cara mengajak semua anggota keluarga untuk berlibur adalah bagian dari istirahat. Contoh pola hidup sehat ini bisa Anda terapkan setiap kali musim liburan seperti ini untuk me-refresh pikiran agar kembali bugar dan siap beraktivitas kembali seperti sedia kala. 

Kontrol pikiran

Antara jiwa dan raga keduanya tentu saling berhubungan. Pikiran yang sehat dan didominasi oleh hal yang positif memberikan dampak yang bagus bagi kesehatan fisik, sedangkan pikiran yang didominasi oleh hal yang negatif akan berakibat pada kesehatan fisik seperti pada kinerja jantung, dan organ penting yang lain. Selalu seimbangkan kesehatan pikiran dan badan dengan mengontrol pikiran jangan sampai memikirkan sesuatu melebihi ambang batasnya. Kendalikan pikiran, hindari memikirkan hal-hal terlalu serius dan membebani agar pikiran tetap rileks dan badan pun terasa nyaman. 

Hidup Teratur

Hidup bebas namun teratur adalah impian setiap orang. Bebas dalam artian pikiran tidak terlalu tertekan, dan hidup pun teratur yang berarti menempatkan segala sesuatu pada tempatnya. Hidup teratur berarti tidak menaruh barang disembarang tempat, menjaga kerapian dan kebersihan, serta menjalani pola hidup sehat sebagai komitmen yang senantiasa di pegang dan di lakukan kapanpun dan dalam kondisi bagaimanapun juga. Ketidakteraturan seperti sampah yang berserakan dimana saja, dan pikiran yang terforsir serta tidak terkendali adalah penyebab penyakit yang semestinya dihindari sejak dini. Yuk, praktikkan contoh pola hidup sehat di atas agar tubuh terhindar dari penyakit. 

Tinggalkan Balasan