Biang Keringat Pada Bayi Anda? Begini Cara Mengatasinya

0
3
biang keringat pada bayi

Biang keringat memang menjadi salah satu masalah kulit yang sering terjadi pada bayi, apalagi di negara tropis seperti Indonesia. Biang keringat merupakan ruang yang berupa bintik-bintik merah yang timbul pada kulit. Ini tidak hanya bisa terjadi pada bayi saja melainkan pada siapapun. 

Biang keringat pada bayi dapat disebabkan oleh penyumbatan di kelenjar keringat di kulit mereka. Ini dapat muncul dimana saja, namun yang paling banyak adalah di kulit lipatan bayi seperti lengan dan leher. Tidak hanya itu, punggung atau bagian yang tertutup oleh popok juga dapat mengalami biang keringat karena sirkulasi udara yang kurang. 

Bayi yang mengalami biang keringat akan merasa tidak nyaman dan tidak jarang menjadi rewel. Hal itu tentunya membuat Anda sebagai orang tua menjadi sedikit cemas dengan keadaan tersebut. Anda pasti mencari berbagai cara yang ampuh untuk mengatasi biang keringat yang terjadi pada si kecil.

Nah untuk membantu Anda, di artikel ini akan membahas mengenai beberapa cara ampuh mengatasi biang keringat pada si kecil. Berikut pembahasannya. 

Cara Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi

Hindari Lingkungan Lembab dan Panas

Cobalah Anda perhatikan sirkulasi udara di sekeliling rumah bila muncul biang keringat pada bayi Anda. Pastikan apakah sirkulasi udara tersebut bekerja dengan baik atau tidak.

Jika sirkulasi udara tidak baik, maka sebaiknya Anda memindahkan bayi Anda ke ruangan lain yang lebih sejuk dan mempunyai sirkulasi udara yang lebih baik. Pakaikan topi atau payung pada bayi, jika Anda berniat membawanya jalan-jalan keluar, Hindarkan bayi Anda dari panas.

Perhatikan Bahan Pakaian Bayi Anda

Berikan pakaian bayi Anda yang bahannya tipis apabila suhu di sekitar panas. Pilihan bahan yang menyerap keringat seperti katun. Jika pakaian tersebut basah, maka segera ganti setelah keringatnya mengering.

Jangan membeli baju yang memiliki bahan gerah untuk bayi Anda karena itu akan membuat panas tubuh si kecil terperangkap dan menyebabkan biang keringat. 

Kurangi Sentuhan ke Kulit Bayi

Kurangi sentuhan dari kulit ke kulit dengan bayi Anda ketika biang keringat muncul. Hal itu karena akan membuat panas semakin bertambah pada kulit bayi. Biarkan saja bayi Anda bermain sendiri, namun tetap diawasi agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 

Demikian pembahasan mengenai cara ampuh untuk mengatasi biang keringat pada bayi Anda. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan tubuh bayi Anda juga agar tidak mudah terserang biang keringat.

Namun jika biang keringat yang terjadi pada bayi Anda tidak kunjung mereda dalam beberapa hari dan malah bertambah parah hingga semakin meradang atau infeksi, segera bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih tepat. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan