Berbagai Tanaman Ampuh Untuk Obat Wasir

0
6
obat wasir

Ambeien atau wasir salah satu penyakit yang membuat penderitanya merasakan sangat tersiksa. Penderita penyakit ini akan merasakan sangat sakit ketika duduk dengan waktu yang lama. Wasir adalah penyakit yang disebabkan karena pembengkakan pembuluh darah di daerah dubur atau anus.

Wasir sebenarnya dapat diobati dengan berbagai cara, mulai dari mengonsumsi obat hingga tindakan operasi. Namun, tahukah Anda jika ada cukup banyak tanaman alami yang mampu menjadi obat wasir yang ampuh? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut adalah tanaman-tanaman tersebut. 

Tanaman-Tanaman Alami Untuk Obat Wasir yang Ampuh

Akar Kangkung

akar kangkung sebagai obat wasir

Kangkung merupakan tanaman yang di dalamnya banyak terkandung vitamin C, vitamin A, vitamin B1, kalsium, zat besi dan fosfor. Kangkung tidak hanya daunnya yang memiliki manfaat yaitu untuk dimakan, namun akarnya juga dapat dijadikan sebagai obat. Akar kangkung adalah bahan alami ampuh untuk mengobati ambeien atau wasir.

Cara menggunakan akar kangkung untuk pengobatan wasir cukup mudah, yaitu dengan merebus batang serta akar kangkung yang sudah dicuci bersih dengan 2 gelas hingga tersisa sekitar 1 gelas. Rebusan tersebut dapat diminum setiap hari untuk membantu menyembuhkan wasir. 

Urang-Aring

Tanaman selanjutnya yang bisa menjadi obat wasir adalah urang-aring. Ada beberapa cara dalam menggunakan urang-aring ini untuk mengobati ambeien yaitu dengan dibuat air rebusan serta dibuat olesan. Jika Anda ingin membuatnya sebagai ramuan, Anda cukup merebus daun urang-aring dengan air hingga matang lalu di minum air rebusan tersebut.

Namun jika ingin dijadikan olesan pada benjolan, Anda bisa menumbuk daun urang-aring tersebut hingga halus, kemudian jika sudah halus bisa dioleskan. 

Daun Ungu

Daun Ungu atau dikenal juga sebagai daun Handeuleum adalah tanaman alami yang bisa mengobati ambeien selanjutnya. Daun ini memiliki kandungan alkaloid yang bisa menjadi anti inflamasi yang cukup efektif. Anda hanya perlu untuk merebus daun ini dan meminum airnya untuk mengurangi penyakit wasir yang menyiksa. 

Bunga Pagoda

Di dalam bunga pagoda terdapat kandungan alkaloid, flavonoid, serta sapodin polifenol. Kandungan-kandungan tersebut ampuh untuk mengobati wasir. Caranya cukup mudah untuk menggunakan bunga pagoda sebagai sebuah obat wasir yaitu hanya dengan meminum air rebusannya saja. 

Lidah Buaya

Lidah biaya adalah salah satu bahan alami yang memiliki banyak manfaat, misalnya untuk kecantikan wajah hingga kesuburan rambut. Lidah buaya adalah bahan alami yang mengandung zat antioksidan tinggi yang bagus untuk mengobati wasir. 

Nah itulah tanaman-tanaman alami yang ampuh sebagai obat wasir. Meski banyak bahan alami yang bisa digunakan untuk mengobati penyakit ambeien atau wasir, namun jika penyakit tersebut tidak kunjung sembuh atau malah bertambah parah dan menyiksa, sebaiknya segera periksakan ke dokter. Hal itu untuk mencegah sesuatu yang tidak diinginkan terjadi.

Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan