Apa Itu Virus Corona? Berikut Ulasan Ciri dan Penyebaran Penyakitnya

0
15
apa itu virus corona

Maraknya pemberitaan virus corona belakangan ini, pastinya hal ini membuat Anda bertanya-tanya apa itu virus corona? Saat ini serangan virus corona tengah melanda China dan telah memakan korban. Negara lain pun gencar meningkatkan keamanan serta melakukan berbagai upaya pencegahan masuknya virus tersebut.

Adapun usaha pencegahan persebaran virus yang dianjurkan pemerintah China pada warganya seperti menggunakan masker ketika keluar rumah, namun bila tak diperlukan pemerintah menyarankan agar tinggal di rumah saja. Selanjutnya sering-sering mencuci tangan dengan sabun sekitar 20 detik kemudian bilas dengan air. Dan bermacam usaha lainya untuk memulihkan korban yang terinfeksi.

Ulasan Apa Itu Virus Corona dan Hal Hal yang Terkait

Berikut merupakan informasi seputar virus korona atau 2019-nCoV, mengingat pentingnya pencegahan tersebarnya virus ini. Simak uraian apa itu virus corona di bawah ini.

1. Virus Corona

Pada dasarnya kebanyakan corona virus tidaklah berbahaya, virus ini umumnya menyerang atau menginfeksi tenggorokan bagian atas, hidung, dan sinus. Akan tetapi, terdapat beberapa infeksi virus yang dapat menimbulkan dampak yang sangat serius. Pada tahun 2012 lalu virus corona ini menyebabkan kematian 585 di Arab Saudi yang dipicu MERS atau Middle East Respiratory Syndrome.

Dan baru-baru ini WHO mengidentifikasi adanya corona virus di China. Hingga akhir Januari 2020 terdapat pasien yang terjangkit sebanyak 2.744 orang dan korban meninggal dunia sekitar 132 orang. Di Indonesia sendiri, pemerintah terus berupaya agar virus ini tidak menyebar dengan memperketat keamanan kedatangan pengunjung, terutama dari China.

2. Ciri Ciri Virus Corona

Pertama kali virus ini terdeteksi pada tahun 1960, tetapi tidak diketahui asal kehadiran virus ini. Penamaan corona virus berdasarkan asal bentuk virus yang serupa dengan mahkota. Virus corona awalnya menginfeksi hewan, namun kini telah menyerang manusia juga. Corona umumnya menyebar layaknya virus influenza, dan menyebar melalui bersin dan batuk oleh orang yang terinfeksi.

Tak hanya itu, ternyata virus ini bisa menular melalui sentuhan wajah, tangan, dan pada pegangan pintu atau benda lain yang disentuh terinfeksi. Tiap orang berpotensi terjangkit coronavirus paling tidak satu kali. Pada musim gugur dan dingin di Amerika korona biasa terjadi. Semua kalangan rentan terhadap korona ini.

3. Penyebaran Virus Corona di China

Pada mulanya virus ini dilaporkan di daratan China, tempat di mana asal mula virus tersebut berkembang. Hal ini membuat situasi di China tak pasti, terlebih virus ini menyebar ketika liburan tahun baru Imlek. Di mana biasanya hari itu meningkatnya perjalanan wisata, pemberian hadiah, dan belanja.

Pada desember 2019 wabah korona pertama kali datang, dan menurut para pejabat Negara di sana kemungkinan virus berasal dari binatang liar yang dijual di Pasar Makanan Laut Huanan tepatnya di pusat kota Wuhan. Dikarenakan virus ini terjangkit oleh karyawan di Huanan Seafood Market. Walaupun tidak diketahui pastinya, namun pihak berwenang percaya virus berasal dari hewan buas pasar makanan laut tersebut.

Sebab di pasar tersebut memang menjual beraneka jenis makanan unik. Dikatakan unik karena menjual binatang liar. Misalkan, buaya, salamander raksasa, anak serigala, rubah, musang, ular, tikus, landak, sampai daging unta. Hewan tersebut masih berhubungan dengan SARS atau Server Acute Respiratory yang dahulu tepatnya 2002-2003 menghebohkan.

Dari penjabaran mengenai apa itu virus corona ini dapat Anda pahami dengan baik, agar kedepannya bila virus ini datang menyerang wilayah sekitar rumah Anda. Sehingga bisa melakukan pencegahan sedini mungkin.

Tinggalkan Balasan