5 Pola Hidup Sehat Alami Agar Tubuh Tidak Mudah Terserang Penyakit

0
37
batasi konsumsi gula untuk pola hidup sehat
Batasi Konsumsi Gula untuk Pola Hidup Sehat Alami - sumber gambar: merdeka.com

Pola hidup sehat sebenarnya bukan hanya mengenai makanan yang dikonsumsi, namun juga gaya hidup. Pola hidup sehat sangat penting untuk Anda pertimbangkan, sebab dengan menjalani hidup sehat dapat membantu tubuh menjadi lebih kuat serta terlihat awet muda. Pada dasarnya, pola hidup sehat harus Anda terapkan sejak dini, agar Anda bisa memiliki daya tubuh yang kuat dan tidak mudah terserang penyakit serius. Lebih jelasnya, berikut ada 5 pola hidup sehat alami yang bisa Anda jalani sendiri, yaitu:

Batasi Konsumsi Gula, Lemak Dan Garam Berlebihan

Pada dasarnya permasalahan gizi yang dialami oleh semua kalangan usia disebabkan oleh konsumsi gula, lemak serta garam yang berlebihan. Mengkonsumsi gula, lemak dan garam secara berlebihan tentunya dapat meningkatkan risiko Anda terserang penyakit diabetes, jantung serta stroke. Bagi Anda yang ingin memulai hidup sehat alami sebaiknya mengetahui batas konsumsi maksimal dari ketiga bahan tersebut. Umumnya batas maksimal konsumsi garam bagi tubuh ialah 1 sdt, gula 4 sdm serta lemak 5 sdm per harinya.

Hindari Konsumsi Makanan Yang Tinggi Zat Kimia

Saat ini ada banyak sekali menu makanan yang diolah dengan cara instan. Nah, makanan instan ini tentunya tidak sehat untuk dikonsumsi oleh tubuh. Apalagi makanan yang diolah secara instan biasanya memiliki kandungan pengawet dan pewarna makanan yang cukup berbahaya untuk kesehatan tubuh. Perlu Anda ketahui, sebenarnya makanan yang bisa diolah secara instan ini bukan tidak boleh dikonsumsi, hanya saja sebaiknya jika Anda ingin memulai hidup sehat alami maka menghindari mengkonsumsi makanan yang mengandung pengawetnya. Selain itu, ada baiknya Anda juga menghindari makanan yang memiliki warna cerah karena kemungkinan makanan tersebut memiliki kandungan pewarna yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Perhatikan Asupan Serat

Perlu Anda ketahui, saat ini pola hidup kalangan remaja memang sangat memprihatikan. Pasalnya kebanyakan kalangan remaja lebih banyak mengkonsumsi makanan yang rendah serat, namun memiliki kandungan nutrium yang tinggi seperti makanan cepat saji ataupun fast food.  Padahal, asupan serat yang cukup sangat penting untuk menjaga sistem pencernaan tubuh tetap lancar dan terhindar dari risiko terserang penyakit yang serius. Kebutuhan asupan serat ideal bagi tubuh ialah sekitar 20 sampai 25 gram per harinya.

Olahraga Teratur Dan Hindari Gaya Hidup Yang Tidak Sehat

Jika Anda ingin memulai pola hidup sehat yang alami, maka tidak akan sempurna apabila Anda hanya mengkonsumsi makanan sehat saja. Konsumsi makanan sehat juga harus diikuti oleh kebiasaan olahraga yang teratur. Bagi Anda yang belum terbiasa dengan aktivitas olahraga sebaik tidak perlu memaksakan tubuh untuk menjalani olahraga berat. Namun Anda bisa memulai olahraga ringan seperti yoga, jalan santai serta beberapa jenis olahraga ringan lainnya untuk membantu tubuh tetap bugar dan sehat.

Selain berolahraga, Anda juga harus membiasakan tubuh berada di bawah paparan sinar matahari. Apabila tubuh Anda berada di bawah sinar matahari pagi maka tubuh bisa memperoleh vitamin D yang baik bagi kesehatan tulang, otot serta juga mampu mengurangi risiko penyait autoimun. Perlu Anda ketahui, agar tubuh tetap sehat, sebaik Anda juga menghindari kebiasaan hidup tidak sehat, seperti merokok dan mengkonsumsi alkohol. Kebiasaan  buruk ini sangat tidak baik karena dapat meningkatkan resiko Anda terserang penyakit dan tidak bisa beraktivitas secara normal. 

Asupan Vitamin Yang Cukup

Apabila Anda ingin memulai pola hidup sehat yang alami maka memenuhi asupan vitamin bagi tubuh patut Anda perhatikan. Pada dasarnya, asupan vitamin alami bisa Anda peroleh dari buah-buahan dan sayuran. Asupan vitamin yang cukup ini bisa Anda peroleh dengan mengkonsumsi beberapa jenis buah seperti semangka, pepaya, pisang serta buah lainnya. Sementara sayuran yang baik dikonsumsi untuk memenuhi asupan vitamin dalam tubuh ialah brokoli, wortel, bayam serta masih banyak lainnya. Nah, dengan mengkonsumsi buah dan sayuran secara rutin tentunya asupan vitamin dalam tubuh akan lebih optimal serta sempurna. Pola hidup sehat alami ini tentunya tidak membutuhkan biaya yang mahal, sehingga Anda akan lebih mudah untuk menjalaninya.

Tinggalkan Balasan